Berita

Presiden Joko Widodo Hadiri Puncak Pesta Laut

  • Penulis: MUHAMMAD RENALDY, 11-05-2017 18:50
  • BATULICIN – Suasana alam yang sangat sejuk menyambut kehadiran Presiden RI Joko Widodo di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Kalimantan Selatan, Minggu (7/5) pagi. Tidak hanya menghadiri Puncak Pesta Laut Mappanretasi, kehadiran Presiden juga memiliki agenda lainya, salah satunya penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS) Kartu Indonesia Pintar (KIP), Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan Program Keluarga Harapan (PKH). Pada acara puncak, Presiden menyampaikan bahwa Pesta Adat Mappanretasi menjadi bukti bahwa jati diri, karakter dan budaya kita adalah kodrat dari bangsa dan negara Indonesia yang asalnya memang darah bangsa maritim” ungkap Presiden.

    Ia menambahkan bahwa nenek moyang kita sejak dulu sudah hidup harmonis dengan laut.

    “Perhitungan sementara bahwa sumber daya alam laut kita ini memiliki potensi kurang lebih 17.000 trilyun kalau kita kelola dengan baik. Ini yang belum kita kelola” beber Presiden.

    Menurutnya sumber daya alam laut merupakan kunci untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan untuk meningkatkan pemerataan ekonomi masyarakat Indonesia, inilah kunci keadilan rakyat Indonesia.

    Presiden juga disambut oleh pemangku adat, dan sebelumnya Presiden Joko Widodo, Gubernur Kalimantan Selatan dan Bupati Tanah Bumbu menuju kapal diujung dermaga. Presiden juga menerima penganugerahan Adat Kapiteng Lau Pulo.

    Setelah gelar adat selesai Presiden langsung menuju ke kapal untuk menyaksikan para Tetua Adat (Sandro) melakukan ritual adat melarung atau memberi makan laut. (MC/Imran)