Berita

Presiden Joko Widodo Mencatat Permintaan Bupati Tanah Bumbu

  • Penulis: MUHAMMAD RENALDY, 11-05-2017 18:54
  • BATULICIN – Berdasarkan Keppres Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Proyek Strategis Nasional dimana Kawasan Industri Batulicin merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional.

    Untuk mendukung Kawasan Industri Batulicin tentu sangat diperlukan dukungan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Propinsi.

    Infrastruktur yang dimaksud adalah rencana pembangunan pelabuhan yang berkapasitas 20 ribu ton.

    Karena untuk pelabuhan yang berkapasitas 20 ribu ton di Kalimantan belum ada.

    Hal ini disampaikan Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dalam sambutannya dihadapan Presiden RI Joko Widodo dan para undangan dipuncak acara Pesta Laut Mappanretasi, Minggu (7/5) di Pagatan.

    Selama ini kapal-kapal yang berkapasitas 20 ribu ton yang berasal dari Singapura hanya bersandar di pelabuhan Surabaya.

    Selanjutnya barang-barang akan dilanjutkan oleh kapal yang berkapasitas 5000 ton ke pelabuhan Batulicin Tanah Bumbu dan pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

    Perbedaan pelabuhan Trisakti Banjarmasin dengan pelabuhan Batulicin Tanah Bumbu memang mencolok. Kalau Pelabuhan Trisakti Banjarmasin menyusuri sungai, sementara Pelabuhan Batulicin melalui selat, tidak perlu menunggu pasang surut dan juga tidak perlu ada pengerukan.

    “Oleh sebab itu Pelabuhan Batulicin sangat tepat bila dibangun Pelabuhan yang berkapasitas 20 ribu ton” ungkap Bupati Mardani.

    Dengan demikian lanjutnya, bila hal ini terwujud maka Tanah Bumbu akan menjadi pintu masuknya Eksport Inport untuk wilayah Kalimantan Selatan bahkan diwilayah Kalimantan pada umumnya.

    Mardani juga menyampaikan bahwa rencana akan membangun jalan Tol yang akan membelah gunung meratus.

    “Selama ini jarak tempuh Batulicin – Banjarmasin mencapai 265 Km, kalau dibangun jalan Tol jaraknya hanya 132 Km” papar Bupati Mardani

    Bupati Tanbu juga meminta dukungan pusat untuk pembangunan Bendungan, Bandara Internasional dan Pembangunan Jembatan terpanjang 6,4 Km yang saat ini dalam tahap permbangunan.

    “Pembangunan Jembatan ini dananya berasal dari dana APBD Propinsi dan dana APBD Kabupaten Tanah Bumbu serta dana APBD Kabupaten Kotabaru. Bila Pemerintah Pusat ikut membantu maka pembangunannya akan lebih cepat selesai” tandas Bupati Mardani.

    menjawab permintaan Bupati Tanbu Presiden Jokowi mengatakan bahwa permintaannya tidak dijawab sekarang, karena kalau dijawab sekarang berarti harus dipenuhi atau harus diberi.

    “Permintaan Bupati ini akan saya catat dan nanti akan dilakukan kajian yang lebih mendalam apakah program ini baik untuk rakyat dan apakah baik untuk bangsa dan negeri ini, kalau baik tentu kita akan putuskan untuk melaksanakannya, kalau tidak baik maka tentu tidak kita lanjutkan” jawab Presiden dan disambut dengan tepuk tangan dari seluruh hadirin. (MC/IMRAN)
    Selanjutnya »

    Presiden Joko Widodo Hadiri Puncak Pesta Laut

  • Penulis: MUHAMMAD RENALDY, 11-05-2017 18:50
  • BATULICIN – Suasana alam yang sangat sejuk menyambut kehadiran Presiden RI Joko Widodo di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Kalimantan Selatan, Minggu (7/5) pagi. Tidak hanya menghadiri Puncak Pesta Laut Mappanretasi, kehadiran Presiden juga memiliki agenda lainya, salah satunya penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS) Kartu Indonesia Pintar (KIP), Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan Program Keluarga Harapan (PKH). Pada acara puncak, Presiden menyampaikan bahwa Pesta Adat Mappanretasi menjadi bukti bahwa jati diri, karakter dan budaya kita adalah kodrat dari bangsa dan negara Indonesia yang asalnya memang darah bangsa maritim” ungkap Presiden.

    Ia menambahkan bahwa nenek moyang kita sejak dulu sudah hidup harmonis dengan laut.

    “Perhitungan sementara bahwa sumber daya alam laut kita ini memiliki potensi kurang lebih 17.000 trilyun kalau kita kelola dengan baik. Ini yang belum kita kelola” beber Presiden.

    Menurutnya sumber daya alam laut merupakan kunci untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan untuk meningkatkan pemerataan ekonomi masyarakat Indonesia, inilah kunci keadilan rakyat Indonesia.

    Presiden juga disambut oleh pemangku adat, dan sebelumnya Presiden Joko Widodo, Gubernur Kalimantan Selatan dan Bupati Tanah Bumbu menuju kapal diujung dermaga. Presiden juga menerima penganugerahan Adat Kapiteng Lau Pulo.

    Setelah gelar adat selesai Presiden langsung menuju ke kapal untuk menyaksikan para Tetua Adat (Sandro) melakukan ritual adat melarung atau memberi makan laut. (MC/Imran)
    Selanjutnya »

    Terkait Smart City, Diskominfo Kunjungi Kementerian

  • Penulis: sidekaadmin, 18-04-2017 9:47
  • BATULICIN – Guna meningkatkan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di daerah menuju Tanah Bumbu Smart City, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanbu berkunjung ke Kementerian Kominfo RI.

    Kunjungan dari Pemkab Tanbu tersebut diterima langsung Kepala Sub Bagian Tata Usaha Biro Humas Setjen Kementerian Kominfo RI, Sugeng Promono didampingi pejabat lainnya, Rabu (12/4) di Gedung Pertemuan Biro Humas, Kominfo RI, Jakarta.

    Kasubag TU Biro Humas Setjen Kominfo RI, Sugeng Promono menyambut baik kedatangan Pemkab Tanbu bersama DPRD ke Kementerian Kominfo RI yang telah menyampaikan perkembangan pembangunan di daerah khususnya terkait komunikasi dan informatika serta upaya Tanbu menuju Smart City.

    “Semoga kunjungan kerja yang dilakukan ini memberikan manfaat yang sebaik-baiknya bagi kami di kementerian dan juga peningkatan pembangunan di daerah,” sebut Sugeng.

    Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Tanbu H. Muhammad Alpiya Rahman selaku ketua rombongan, menjelaskan, kunjungan kerja ke Kementrian Komunikasi dan Informatika dalam rangka konsultasi pembangunan infrastruktur telekomunikasi di wilayah kabupaten Tanah Bumbu.

    “Kami mengharapkan aspirasi masyarakat Tanah Bumbu yang kami sampaikan ke Pemerintah Pusat khususnya Kominfo RI dapat diakomodir, ” sebutnya.

    Kepala Diskominfo Tanbu, Ardiansyah, S.Sos saat memberikan paparan dihadapan pejabat Kementerian Kominfo RI mengatakan terkait dengan usulan-usulan yang disampaikan merupakan prioritas pembangunan di Tanbu berdasarkan aspirasi masyarakat yang menginginkan peningkatan pembangunan infrastruktur komunikasi di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu yang diharapkan berdampak pula bagi pelayanan masyarakat diperdesaan.

    “Usulan yang telah masuk berdasarkan hasil dari musyawarah perencanaan pembangunan dari tingkat desa, kecamatan dan tingkat kabupaten,” ucapnya.

    Adapun usulan pembangunan yang disampaikan diantaranya pembangunan data center, media center, jaringan, BTS, dan lainnya.

    Acara ditutup dengan penyerahan proposal usulan bantuan dana APBN Pusat dan penyerahan cindera mata oleh Wakil Ketua DPRD Tanbu H. Muhammad Alpiya Rahman dan Kadis Kominfo Tanbu Ardiansyah kepada Pihak Kementrian Kominfo yang diwakili oleh Kasubag TU Biro Humas Setjen Kominfo RI Sugeng Promono. (Rel/MC.tanbu)
    Selanjutnya »

    Touring Gubernur Kalsel Tiba Di Tanbu

  • Penulis: sidekaadmin, 18-04-2017 9:46
  • BATULICIN- Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Sahbirin Noor melakukan Touring bersepeda motor bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah ( FKPD) Provinsi Kalimantan Selatan ke sejumlah Desa di wilayah Kalsel.

    Selasa Malam (12/04) rombongan Gubernur disambut ratusan warga saat tiba di Desa Pulau Salak Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. (Kab.Tanbu).

    Selain itu kehadirannya turut disambut Camat Kusan Hilir Dewi Murni serta Kepala Desa Pulau Salak Abdullah.

    Kedatangan rombongan orang nomor satu di Bumi Lambung Mangkurat tersebut dirangkai dengan pembagian sembako kepada warga yang tidak mampu sekaligus menyerap aspirasi warga.

    “Kami sengaja Touring menggunakan sepeda motor supaya lebih praktis menjumpai warga Desa, dibandingkan pakai Roda Empat,”kata Sahbirin disela pertemuan dengan warga.

    Dia mengatakan, Touring ke Desa direncanakan selama 5 hari. Sebelumnya rombongan sudah menyinggahi Desa Keyapu, Desa Aluh-Aluh dan Desa Tambak Padi Kabupaten Tanah Laut.

    Kemudian pihaknya kembali melanjutkan perjalanan ke Desa Asam-Asam Kecamatan Jorong.

    “Alhamdullilah kami berkesempatan singgah ke Desa Pulau Salak Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Pada pagi nya perjalanan dilanjutkan ke Kotabaru dan ke Kabupaten Banjar, hingga pada finis Kecamatan Loksado Kabupaten HSS “terangnya.(Win/MC.Tanbu)
    Selanjutnya »

    Puluhan Perahu Motor Adu Cepat di Pantai Pagatan

  • Penulis: sidekaadmin, 18-04-2017 9:44
  • BATULICIN – Puluhan Perahu Motor dari berbagai jenis mengikuti Lomba Balapan Perahu Motor yang dilaksanakan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu (Disporpar Kab. Tanbu).

    Lomba yang dilaksanakan di Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir tersebut berlangsung selama 2 (Dua) hari yakni 15 – 16 April 2017.

    Berbagai perahu motor dengan jenis 35hp, perahu motor 30hp, speedboat, dan ketinting saling berlomba untuk membuktikan siapa yang terbaik dan tercepat.

    Lomba dengan hadiah jutaan rupiah itu pun mendapat respon positif dari pengunjung pantai pagatan yang sangat antusias menyaksikan lomba adu cepat itu.

    Kepala Disporpar Tanbu Nahrul Fajeri melalui Kasi Pemuda, Anto Sani, Sabtu (15/4/2017) mengatakan lomba perahu cepat ini merupakan rangkaian dari memeriahkan Hari Jadi ke 14 Kabupaten Tanah Bumbu dan memeriahkan Pesta Adat Mappanretasi (Pesta Pantai).

    Lomba ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk mepromosikan wisata maritim yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

    Disisi lain, pihaknya juga mengingatkan agar peserta dapat menjaga keselamatan dan menjunjung tinggi sportifitas dalam berlomba.

    Lomba perahu motor dilaksanakan oleh Pemkab Tanbu tersebut bekerjasama dengan Nelayan dan Asosiasi Nelayan Tanah Bumbu.

    Ketua penyelenggara lomba perahu motor, Zainal Abidin terlihat tampak siap menjaga keamanan para peserta dilaut dengan mensiagakan speedboat dari BPBD Tanbu dan Satpolair. (Rel/MC.Tanbu)
    Selanjutnya »

    Di Tanbu, Pinjaman Lunak Bagi Pedagang Pasar Dipermudah

  • Penulis: sidekaadmin, 18-04-2017 9:43
  • BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelar Sosialisasi pinjaman lunak usaha mikro BRI dengan para pedagang Pasar Sungai Danau Raya Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (13/4/2017) kemarin.

    Asisten Manager BRI, Said Salimin, mengatakan tujuan dari dilaksanakanya Sosialisasi untuk menyampaikan kepada pelaku usaha mikro khususnya para pedagang dipasar Sungai Danau Raya terkait dengan program bantuan kredik lunak.

    Ia mengatakan kredit lunak yang ditawarkan kepada pedagang pasar ini dapat membantu pedagang untuk mengembangkan usahanya yang sekiranya mereka membutuhkan tambahan modal usaha.

    “Dengan modal usaha yang cukup tentu sangat berdampak pada perkembangan usaha mereka. Dan sudah tentu dapat meningkatkan pendapatan pedagang serta berdampak pula pada iklim usaha yang sehat,” sebut Said Salimin.

    Dalam hal pemberian pinjaman kredit usaha ini, pihak BRI memberikan kemudahan dalam pengajuan permohonan kredit lunak. Dalam pengajuannya pinjaman modal, pedagang tidak perlu lagi memasukan proposal akan tetapi hanya dengan menggunakan KTP/KK serta bukti usaha yang salah satunya Surat Hak Penempatan (SHP) atau keterangan lainnya yang membuktikan bahwa mereka adalah pedagang dipasar.

    Dipermudahnya pinjaman lunak bagi pedagang tersebut disambut baik oleh pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

    Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Tanbu, Anwar Salujang melalui Kabid Stabilitasi dan Sarana Distribusi Perdagangan, Anton Azis, mengatakan sosialisasi pinjaman lunak ini akan terus di sosialisasikan kepada para pedagang pasar yang ada di Tanbu seperti Pasar Bumi Pangeran, Pasar Angsana, Pasar Batulicin dan lainnya.

    Dengan sosialisasi ini kami berharap semua pedagang yang berjualan dipasar dapat meningkatkan kapasitas usahanya dan tidak lagi kekurangan modal usaha sehingga berdampak pula pada peningkatan pendapatan disemua sektor perdagangan dipasar.

    Pemerintah daerah sangat mendukung program ini sehingga terciptanya iklim ekonomi yang stabil, sebutnya. (Rel/MC.Tanbu)

    Selanjutnya »