Sejarah Desa

Desa Sejahtera pada mulanya adalah Desa Kampung Baru. Karena luas wilayahnya, maka Desa Kampung Baru mengalami pemekaran. Pemekaran yang dilakukan pada tahun 2008 Desa Kampung Baru dimekarkan oleh Bapak Bupati Tanah Bumbu pada Jaman itu Yaitu Bapak H. Zairullah Azhar, dan Desa Kampung Baru menjadi 4 Buah desa yaitu ; Desa Kampung Baru, Desa Bersujud, Desa Baroqah dan Desa Sejahtera sendiri. Sementara Desa asalnya yaitu Desa Kampung Baru setelah dimekarkan mejadi Kelurahan Kampung Baru karena telah lama berdiri. Walaupun mengalami pemekaran 4 buah desa, Desa Kampung Baru tetap memiliki luas wilayah yang cukup luas dan tak begitu jauh berbeda dengan desa asalnya, desa pemekaran baru salah satunya adalah Desa Sejahtera uang memilik luas wilayah yang cukup luas yaitu sekitar kurang lebih 1.500.000 Meter2  dengan Panjang 2.500 Meter dan Lebar 600 Meter. Desa Sejahtera dibentuk pada tanggal 15 Februari 2008 dan menjadi bagian dari Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu.

Mayoritas penduduk Desa Sejahtera adalah penduduk yang melaut dan nelayan. Dikarenakan wilayahnya yang sebagian besar berada di daerah pesisir pantai dan pinggir laut yaitu Pulau Swangi dan terdapat 4 buah Pelabuhan yaitu Pelabuhan Samudra, Pelabuhan Speed, Pelabuhan Rakyat dan Pelabuhan PPI (Pusat Pelelangan Ikan). Tidak terkecuali Desa Sejahtera memiliki wilayah pasar yang cukup luas dan ramai di Kecamatan Simpang Empat, lkarena penduduknya pun juga banyak yang menjadi pedagang. Pasar yang ramai dikunjungi banyak orang tiap hari yaitu Pasar Harian dan Pasar 234 yang terletak di Jalan Pelabuhan speed dan ada juga Pusat Niaga Bersujud yang dulunya disebut Pasar Minggu dan lokasinya terletak di Jalan Raya Batulicin.

Adapun untuk mayoritas penduduk Desa Sejahtera sebagian besar didominasi oleh Masyarakat suku Bugis yang tersebsar, selain dari itu ada juga penduduk dari suku-suku lain yaitu : Suku Banjar dan Suku Jawa dan minoritas suku-suku lain dari Sumatra dan Pulau Timor.

Saat ini Desa Sejahtera telah menjadi wilayah tetap dari 12 desa yang ada di kecamatan simpang empat. Kemajuan jaman dan terus bertambahnya penduduk memperngaruhi perkembangan desa sejahtera. Yang mana pada saat ini penduduk lebih banyak berdiam di desa atau wilayah dekat pasar, maka saat ini Desa Sejahtera mengalami pertambahan jumlah penduduk dengan pesat.